Manusia mempunyai IQ rata-rata 100. Siapapun dengan IQ 140 keatas akan dianggap sebagai orang jenius.

Salah satu manusia jenius yang paling terkenal adalah Albert Einstein, namun karena tidak pernah ikut tes IQ diperkirakan IQ-nya sekitar 160.

Adakah orang yang mempunyai nilai IQ diatas Einstein?. Ada, bahkan jauh diatas Einstein karena mendapat nilai lebih dari 200.

Ada kurang lebih 8 orang di dunia yang dites dan mempunyai IQ diatas 200. Dengan IQ-nya mereka mencatat prestasi istimewa dalam dunia pendidikan, seperti cepat lulus, mendapat gelar tertinggi akademis dalam usia muda dan lain sebagainya.

Kemudian ada yang memilih menjadi peneliti, pengajar, kolumnis dan musisi.

Memegang rekor sebagai pemilik IQ tinggi membuat mereka istimewa, terkenal di lingkungannya namun belum ada yang bisa melampaui keterkenalan nama Einstein.

Namun ada sosok ‘jenius’ yang namanya mulai ternama beberapa tahun terakhir ini. Pengaruhnya begitu luas, cuitan di akun twitternya saja bisa membuat bursa saham uang kripto gonjang-ganjing.

Ya Elon Musk, nama yang identik dengan mobil listrik Tesla.

Elon Musk lahir di Pretoria, Africa Selatan. Dikenal sebagai kutu buku, saat usia 9 tahun Ensiklopedia Britanica sudah habis dibacanya.

Sejak SD, Elon menyukai roket dan komputer serta belajar membuat program. Pada usia 12 dia berhasil membuat game luar angkasa berjudul Blastar. Ini menjadi karya pertama Elon yang menghasilkan uang.

Tamat SMA, Elon meninggalkan Africa Selatan untuk kuliah di Kanada dan Amerika Serikat. Pindah beberapa kampus dan di kampus yang terakhir baru dua hari mengikuti kuliah, Elon cabut untuk mendirikan perusahaan di Palo Alto, California. Perusahaan itu dinamai Zip2 yang membuat software peta navigasi untuk kota-kota.

Empat tahun kemudian perusahaan itu dijual dan menjadikan Elon Musk sebagai milyuner. Dia kemudian mendirikan X Space meneruskan kegemarannya pada roket dan X com cikal bakal dari paypal.

Dunia mengasosiasikan Elon Musk dengan Tesla, padahal bukan dia yang memulai pendirian Tesla. Tesla sesungguhnya didirikan oleh Martin Ebenhard dan Marc Tarpenning. Elon bergabung kemudian dan kemudian menjadi manajer terlama yang memimpin perusahaan otomotif.

Karakter Elon yang unik ini kemudian menginspirasi sosok Iron Man, beberapa bagian dari Iron Man II dibuat di Space X. Elon Musk juga sempat muncul sebentar dalam film itu.

-000-

Einstein menjadi jenius yang dikenang karena sumbangannya pada teori relativitas yang merupakan satu dari dua pilar fisika modern bersama fisika kuantum. Teori dan pemikirannya memberi sumbangan besar pada filsafat ilmu. Atas karyanya Einstein kemudian diganjar hadiah Nobel Fisika pada tahun 1921 atas jasanya terhadap fisika teoretis, dan khususnya atas penemuannya tentang hukum efek fotolistrik menjadi langkah penting dalam pengembangan teori kuantum.

Sementara Elon Musk dikenal sebagai jenius masa kini karena kiprahnya menggunakan ilmu pengetahuan dalam bidang industri atau enterprenur.

Tidak seperti Einstein yang berkutat di ruang pemikiran dan laboratorium, Elon sejak muda terus mendirikan perusahaan. Dan perusahaan yang didirikan atau dia terlibat didalamnya setelah era paypal, yaitu Tesla, Space X, The Boring Company, Hyperloop One, Open AI, Solar City dan Neuralink yang kesemuanya berfokus pada visi besar resiko umat manusia.

Resiko itu didefinisikan oleh Elon Musk sebagai perubahan iklim, ketergantungan pada satu planet bumi dan usangnya spesies manusia.

Itulah visi besar dan misi Elon Musk, tiga perusahaannya yaitu Tesla, Boring Company dan Solar City bertujuan menanggapi perubahan iklim. Dia juga menyakini bahwa masa depan manusia bermasalah jika hanya bergantung pada planet bumi, Space X ditujukan untuk mengembangkan penerbangan keluar angkasa menjadi lebih mudah.

Elon Musk juga berpendapat kecerdasan buatan atau mesin cerdas bisa mengancam manusia, oleh karenanya dia mengembangkan Open AI yang bertujuan menyebarkan dan mengembangkan pengetahuan yang ramah manusia. Dia juga mendirikan neuralink, perusahaan neuro teknologi yang membuat peralatan untuk menghubungkan manusia dengan kecerdasan buatan.

Elon Musk memang belum menerima hadiah nobel seperti halnya Einstein. Namun Elon telah meletakkan dalam dirinya Noble Purpose, sebuah tujuan agung dalam perusahaan yang dikembangkannya. Perusahaannya menjadi cara dia untuk membuat sesuatu yang besar, diperjuangkan dengan segala daya dengan keyakinan bahwa akan menghasilkan sesuatu yang memberikan manfaat bagi banyak orang dan dunia.

Beberapa memang kontroversial, namun Tesla, Solar City dan Hyperloop jelas menunjukkan bagaimana Elon Musk lewat perusahaan mau berkontribusi untuk mengurangi emisi secara nyata lewat penggunaan energi terbarukan dan ramah lingkungan.

-000-

Mobil listrik konsep telah lama dikembangkan oleh perusahaan otomotif ternama dunia, perusahaan otomotif konvensional. Namun Tesla-lah yang kemudian membawa angin perubahan karena membawa mobil listrik ke jalanan. Era mobil listrik telah datang dan perubahan ini tidak lagi mungkin dibendung.

Di Indonesia, Dahlan Iskan memulai euforia mobil listrik namun terhenti. Ingin cepat-cepat menghasilkan model tanpa ditopang riset yang kuat upaya Dahlan untuk menjadi pioneer justru menuai banyak persoalan.

Persoalannya adalah kita hendak menempatkan diri dimana?. Dan sejauh mana kita memahami paradigma mobil listrik yang jelas berbeda dengan mobil konvensional. Mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional karena teknologi. Mobil listrik adalah software yang diberi roda, laptop atau smartphone yang bisa dikendarai.

Sejauh ini Indonesia {pemerintah} menampakkan posisi dalam dinamika mobil listrik untuk mengambil peran sebagai penyedia bahan dasar pembuat baterai mobil listrik. Sebuah peran yang amat sangat konvensional, meneruskan tradisi lama mengagung-agungkan sumberdaya alam dan membiarkan untuk dikeruk habis-habisan.

Pemerintah lagi-lagi gagal untuk merumuskan tujuan agung dalam pemanfaatan sumberdaya alam yang tidak terbarukan. Selalu bangga diri mempunyai cadangan ini itu sebagai yang terbesar didunia. Namun ternyata tak bisa mengendalikan dunia dengan cadangan besar itu.

Terus menerus mengekpor bahan mentah dan kemudian membeli kembali bahan mentah itu yang sudah berubah wujud jauh dengan harga yang lebih mahal.

Tidak ada terobosan strategi untuk pemanfaatan sumberdaya alam. Padahal tujuan dari pemanfaatan sumberdaya alam adalah demi kesejahteraan masyarakat seluas-luasnya. Namun kita tahu dalam prakteknya ekploitasi sumberdaya alam justru kerap mematikan ruang hidup warga setempat.

Pemimpin kita abai pada strategi, bagaimana merumuskan cara terbaik untuk meraih tujuan yang mulia dengan sumberdaya yang ada. Pemimpin kita lebih sibuk dalam strategi gimmick, bagi-bagi anggaran dan bantuan keuangan lewat program-progam yang tak terbukti keberhasilannya namun terus direplikasi agar elektabilitasnya selalu tinggi.

Kita selalu terjebak dalam rutinitas anggaran dan program sehingga abai merancang masa depan. Meski dalam dokumen perencanaan selalu ada strategi tapi itu tak lebih dari taktik jangka pendek belaka.

Sejak jaman kerajaan nusantara hingga hari ini, kita terus membuang waktu dan energi dengan semua kebanggaan namun ternyata sumberdaya yang kita keruk dan babat habis belum mendatangkan kesejahteraan. Dan bukan hanya itu, slogan dan program kepedulian lingkungan ternyata belum membuat pengrusakan dan kerusakan alam bisa dipulihkan.

Kita kini punya banyak pemimpin yang cerdas, punya gelar akademis yang tinggi dan mungkin kalau dites IQ hasilnya bisa lebih tinggi dari Einstein.

Tapi cerdas saja tidak cukup. Untuk melakukan perubahan diperlukan pemimpin yang cerdik. Pemimpin yang mampu menemukan cara-cara yang tidak biasa untuk menjawab dan mengatasi permasalahan yang ada.

Ambil contoh dalam soal mobil listrik. Benar bahwa mobil listrik akan mengurangi emisi karena sama sekali tak ada pembakaran untuk mengerakkannya. Namun jika listrik yang dipakai masih diproduksi dengan batubara maka emisi juga tetap tinggi, lingkungan juga tetap rusak karena pertambangan.

Pun ketika niat menghentikan PLTU Batubara dinyatakan, masalah juga belum selesai. Karena kita ingin jadi pemasok baterei nomor satu sedunia. Itu artinya kita akan menambang nikel dengan paripurna.

Dan lihatlah di daerah-daerah pertambangan nikel, bukan hanya sawah dan ladang yang hilang melainkan juga laut yang tercemar. Yang kehilangan ruang hidup dan penghidupan bukan hanya petani dan peladang melainkan juga nelayan.

sumber gambar : paper.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here